nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, melakukan pemasangan microchip pada anjing peliharaan dan vaksinasi pada hewan rentan rabies, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Selasa (30/10). 

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, kesadaran masyarakat sangat diperlukan dalam perhatian terhadap hewan periharaannya, agar dapat menciptakan lingkungan yang seimbang, berimbang dan terjaga higienis, keamanan serta kenyamanan. 

"Pemasangan microchip ini perlu dilakukan guna meningkatkan keamanan dan tanggung jawab pemilik hewan periharaan," ujarnya. Marullah menuturkan, kegiatan ini merupakan amanat dari Peraturan Gubernur Nomor 199 Tahun 2016, Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies di Jakarta. 

"Terima kepada masyarakat yang telah sukarela melakukan pemasangan microchip dan vaksinasi pada hewan peliharaannya," ucapnya. Sementara itu Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan, Wachyuni menambahkan, pada 2018 ini, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan 500 buah microchip untuk lima wilayah bagi pemilik anjing secara gratis. 

Untuk wilayah Jakarta Selatan, pemasangan microchip gratis telah dimulai pada 6 Oktober 2018, bertempat di Vodka & Latte sebanyak 75 buah. “Sisanya sebanyak 25 buah dilakukan pemasangan hari ini bersama dengan Wali Kota Jakarta Selatan," jelasnya. Wachyuni juga menambahkan, banyak manfaat dari pemasangan microchip ini. 

"Apabila anjing kita hilang atau dicuri, dan kemudian dipindai (scan) oleh petugas, pemindaian tersebut akan menunjukkan nama dan alamat asli pemilik, lalu anjing yang dicuri dapat dikembalikan. Risiko penularan penyakit seperti rabies dan perdagangan anjing ilegal pun dapat dihindari. Dengan memasang microchip juga meningkatkan tanggung jawab pemilik pada hewan peliharaannya," paparnya. 

Asri warga Jakarta Selatan, sangat senang adanya kegiatan tersebut dan sangat terbantu dengan pemasangan microchip ini."Apabila anjing kita hilang dapat mudah terlacak, dan meningkatkan tanggung jawab kita juga sebagai pemilik," pungkasnya. (p/ab)